TJO - Montmelo, Balapan MotoGP Catalunya, Minggu (15/6/2014), berlangsung dalam kondisi mendung. Kru teknik dari masing-masing tim pun sibuk menyiapkan motor kedua andai hujan turun.

Start menyala, Lorenzo langsung melejit dan merebut pimpinan lomba dari tangan Pedrosa di tikungan pertama. Rekan setimnya Valentino Rossi yang juga melakukan start dengan gemilang, berhasil menyalip Pedrosa di pertengahan lap.

Movistar Yamaha untuk sementara memimpin balapan dengan Lorenzo dan Rossi di posisi satu-dua. Sementara duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marquez menempel di urutan tiga dan empat.

Pertunjukkan menarik langsung ditunjukkan Lorenzo, Rossi dan Marquez. Lomba baru berjalan dua putaran, ketiga pembalap sudah terlibat jual beli overtake.

Rossi menyalip Lorenzo untuk memimpin balapan. Tak berapa lama, posisi Lorenzo harus turun lagi lantaran di overtake Marquez. Sempat memberikan perlawanan dengan kembali menyalip Marquez, Lorenzo akhirnya harus puas kembali di posisi tiga.

Posisi tiga Lorenzo ternyata belum aman. Sang peraih pole, Dani Pedrosa mengintainya. Dan di sisa 19 lap, Pedrosa berhasil menyalip Lorenzo di tikungan pertama.

Susunan pembalap hingga balapan menyisakan 18 lap antara lain; Valentino Rossi, Marquez, Pedrosa, Lorenzo dan Stefan Bradl di urutan lima.

Mendapat tekanan dari duo Honda, Rossi tampil cukup tenang. Setiap tikungan dilahapnya dengan sempurna. Sementara itu, Marquez dan Pedrosa memulai pertarungan untuk mendekati "The Doctor". Keduanya sempat saling overtake namun, Marquez akhirnya tetap di posisi dua.

Lap demi lap, Marquez terus menempel ketat Rossi. Sampai pada akhirnya, dia salah melakukan perhitungan saat coba melewati Rossi di tikungan pertama. Coba mengambil dari sisi luar, Marquez justru melebar sehingga harus membuatnya keluar sirkuit.

Beruntung, sisi luar lintasan itu aspal sehingga ia bisa kembali ke trek dan mempertahankan posisinya di urutan dua, meski gap dengan Rossi jadi cukup jauh.

Sepuluh lap tersisa, Marquez terus berupaya mengikis gap dengan Rossi. Dan upaya kerasnya akhirnya membuahkan hasil pada enam lap tersisa. Marquez sukses mengambil tampuk pimpinan lomba dari Rossi.

Pada saat bersamaaan, hujan mulai turun meski dengan intensitas ringan, dan kru tim menyiapkan motor kedua. Namun, keempat pembalap yang tengah bersaing --Marquez, Rossi, Pedrosa dan Lorenzo kompak tidak masuk pit dan tetap menggunakan motor mereka hingga balapan berakhir.

Balapan tersisa empat lap, Pedrosa mulai menyerang Rossi dan berhasil merebut posisi dua untuk bertarung dengan Marquez di tempat terdepan. Sementara itu, Lorenzo mulai tertinggal cukup jauh di posisi empat.

Tiga lap tersisa, duel Marquez kontra Pedrosa kian sengit, sementara Rossi mulai keteteran meladeni kecepatan keduanya. Pedrosa sempat menyalip Marquez di dua lap tersisa, namun Marquez langsung merebut kembali posisinya tidak lama berselang.

Kesalahan besar dilakukan Pedrosa di lap terakhir, di mana ia gagal menaklukkan tikungan dan harus melebar. Momen ini langsung dimanfaatkan Rossi untuk naik ke urutan dua.

Dan hingga bendera finis dikibarkan, Marquez nyaman melintas garis finis pertama untuk mengklaim kemenangan ketujuhnya sekaligus menjaga rekor 100 persen saat balapan.

Sementara Rossi bisa tersenyum lantaran finis kedua, sementara Pedrosa harus menyesali kesalahannya dan harus puas berada di posisi tiga.

Lorenzo yang tidak bisa berbuat banyak harus puas di posisi empat, diikuti Stefan Bradl, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone dan Bradley Smith di posisi 10.

Hasil lengkap MotoGP Catalunya:
1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) 42 menit 56.914 detik  
2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) 42m    57.426s  
3. Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) 42m 58.748s  
4. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP) 43m 1.454s  
5. Stefan Bradl (LCR Honda MotoGP) 43m 8.062s
6. Aleix Espargaro (NGM Forward Racing) 43m 11.127s  
7. Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech 3) 43m 13.041s  
8. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 43m 13.089s
9. Andrea Iannone (Pramac Racing) 43m 14.954s  
10. Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3) 43m 21.695s  
11. Yonny Hernandez (Pramac Racing) 43m 34.067s  
12. Scott Redding (Go&Fun Honda Gresini) 43m 39.835s
13. Nicky Hayden (Drive M7 Aspar) 43m 40.213s
14. Michele Pirro (Ducati Team) 43m 52.071s
15. Hiroshi Aoyama (Drive M7 Aspar) 43m 56.105s
16. Broc Parkes (Paul Bird Motorsport) 43m 57.820s
17. Michael Laverty (Paul Bird Motorsport) 43m 58.198s
18. Colin Edwards (NGM Forward Racing) 44m 3.035s
19. Hector Barbera (Avintia Racing) 44m 22.109s
20. Michel Fabrizio (IodaRacing Project) 44m 37.579s

Gagal Finis:
Mike Di Meglio (Avintia Racing) DNF  
Cal Crutchlow (Ducati Team) DNF  
Alvaro Bautista (Go&Fun Honda Gresini) DNF  
Karel Abraham (Cardion AB Motoracing) DNF (acf)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Ayo Ke AHASS

TJMS Racing Team

ARC Racing Tech

Minor Alliance Stuff

All New CBR 150R - Own The Ride

Terima Kasih

free counters

- Copyright © Tugu Jaya Online -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Antzcorps, Inc -