- Back to Home »
- Info Konsumen »
- Mengenal Teknologi Honda Enhance Smart Power (ESP)
eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power yaitu peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. Konsep ini diusung Honda untuk skubek globalnya Dalam eSP ada 10 teknologi utama.
Inilah generasi terbaru mesin matik Honda yang diterapkan secara global. Dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan.
Bro sis…kalau Yamaha Indonesia sudah mulai menerapkan engine Blue
Core di skutik barunya, maka Honda Indonesia juga bakalan memboyong
mesin dengan teknologi eSP. Hal ini ternyata bukan hanya di terapkan di
skutik yang di jual di Indonesia saja, namun Thailand juga sedang
bersiap siap untuk merilis skutik baru dengan teknologi eSP engine. eSP
sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari Enhanced Smart Power. Apa sih keunggulan teknologi eSP
itu…? kok PD amat Honda menerapkan teknologi ini ke semua varian
maticnya..? bagi yang belum ngeh nih mengenai teknologi eSP, berikut
kutipan dari otomotif mengenai 10 wasiat #Eh 10 keunggulan teknologi eSP gan…!
1. ACG starter dan ISS, starter di buat menyatu
dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi
starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi. Komponen ini
klop disandingkan dengan idling stop system (ISS). ISS adalah teknologi
yang memungkinkan mesin mati pada kondisi langsam lebih dari 3 detik.
Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika berhenti di lampu merah.
2. Fuel Injector, pada skutik Honda memiliki
semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. “Kami juga
sudah patenkan komponen ini,” yakin Wedijanto.
3. Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi namun
pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm
dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan
gesekannya berkurang. Komponen yang didesain khusus oleh Honda ini pun
sudah dipatenkan.
4. Compact Combustion Chamber pada ruang bakar
disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan
bakar. Kalau umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut
bahan bakar, kini dibuat lebih lancar.
5. Offset Cyclinder & Spiny Sleeves, Ini adalah
dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang
piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu
kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara
piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston
akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara
berlebih.
Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di
balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat.
Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.
6. Light Weight Piston & Crankshaft, sesuai
namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan
komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain
ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder.
Sedang kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan
menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.
7. Breather Passage. Di balik blok silinder, selain
ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini
mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya
panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua
jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja.
8. Built in Liquid Cooling System adalah sistem
pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur
airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik
dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih
banyak.
9. V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya
lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang
tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
10. Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di
belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi
rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar
lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi
transmisi lebih halus dan bebas getaran.
Nag..sudah ngeh kan mengenai beberapa hal yang di unggulkan
menyangkut teknologi mesin eSP dari Honda ini….? kira kira jos ngak ya
10 inti utama dari teknologi eSP di atas…? jos atau tidak…utarakan di
kolom komentar
sumber:cicakkreatip.com
Sumber : http://www.welovehonda.com/esp/
sebetulnya teknologi ESP dan BLUE CORE sama aja, beda istilah aja
BalasHapus