- Back to Home »
- Info Konsumen , News »
- Sejarah Sang Legenda Honda CBR
Brosis, jagad roda dua Indonesia
lagi geger nih dengan kemunculan versi terbaru dari klan CBR. Yup, The
All New CBR150R memang baru saja diluncurkan pada Minggu (7/7) lalu
nih! Versi ini diakui adalah pembaharuan dari seri CBR150R sebelumnya. Tidak
hanya perubahan di sisi visual aja nih, tapi dari sektor mesin dan rangka yang
juga dibenahi. Hasilnya, sebuah motor yang mampu memancarkan aura elegan dan
berkharisma!
Jika ditilik dari sejarahnya, codename
CBR sudah menjadi ciri khas dari pabrikan sayap mengepak ini kepada motor yang
dirancang sebagai motor Sport Full Fairing bermesin 4 tak yang kental aroma
balapnya Brosis! Melihat 3 huruf itu saja orang-orang dijamin akan langsung
membayangkan sebuah motor yang memiliki performa tinggi, berdesain agresif dan
racy, memiliki handling yang superior dan mampu dikontrol. Pokoknya langsung
kebayang motor balap yang super ajib!
Namun segala sesuatu pasti memiliki
langkah pertama alias awal mulanya nih. Begitu pula dengan clan CBR ini.
Tahukah Brosis bahwa CBR yang pertama kali meluncur adalah Honda
CBR400F3? Motor ini diluncurkan hanya untuk pasar Jepang saja pada tahun 1983.
Karena hanya dipasarkan di pasar domestic Jepang, keberadaan motor ini jarang
diketahui orang-orang alias langka banget!
Pada masa-masa awal munculnya CBR,
namanya memang belum seheboh sekarang. Setelah CBR400F3, Honda kemudian
meluncurkan seri CBR250 pada tahun 1986. Motor dengan mesin 4 tak 4 silinder
ini mampu menyemburkan power hingga 45PS lho Brosis! Sayangnya, nama CBR250 ini
pun tenggelam. Bukan karena kompetitornya, tapi karena saudara kandungnya
sendiri yaitu NSR250. Pada era 80-an, motor dengan kubikasi hingga 250cc memang
lebih digandrungi yang 2 tak karena powernya yang lebih liar dan agresif bila
dibandingkan ukuran badannya yang kecil.
Nama CBR
mulai sohor pada tahun 1987 dengan dikeluarkannya seri CBR600F untuk pasar
global, alias enggak cuma dijual di Jepang aja nih. Motor yang punya nama
panggilan Hurricane alias angin ribut ini memang sukses memporakporandakan
persaingan motor sport di Amerika saat itu. Buktinya? CBR600F Hurricane
membuktikan kedigdayaannya pada ajang balap perdana AMA Supersport 600, dengan
9 kali kemenangan dari 9 kali race yang digelar.
Tahun 1987 bisa dibilang sebagai
tahun kebangkitan CBR nih Brosis! Pasalnya, pada tahun itu Honda
juga meluncurkan CBR1000F dan juga CBR250R! Alhasil, semenjak saat itu motor
dengan penamaan CBR selalu dikenal oleh orang-orang sebagai motor-motor
bermesin 4 tak dengan tenaga badak!
Pada tahun 1992, Honda kembali
membuat gebrakan besar dengan meluncurkan Honda CBR900RR Fireblade. Motor ini
mengedepankan filosofi Total Control yang berarti motor ini sangat mudah
dikendalikan walaupun memiliki performa yang sangat gahar. CBR900RR Fireblade
memiliki ukuran yang mirip dengan Superbike 600cc namun memiliki dapurpacu
laiknya hyperbike kelas 900-1000cc!
Kehadiran dan kesuksesan CBR900RR
Fireblade ternyata berimbas pada CBR1000F. Hal ini diantisipasi Honda dengan
menciptakan kelas baru pada lini CBR, yaitu Honda CBR1100XX
yang diluncurkan pada tahun 1997. CBR1100XX yang punya julukan BlackBird
sempat memegang rekor motor produksi massal dengan kecepatan maksimum tertinggi
pada masanya yaitu 287.3 km/jam! Bayangin tuh Brosis, standar pabrik tanpa
perlu dioprek-oprek sudah bisa lari segitu.
Memasuki era tahun 2000, CBR mulai merambah pasar Asia
Tenggara nih. Honda tahu betul kalau pasar motor sangat berkembang di daerah
ini, sehingga meluncurkan CBR150R pada tahun 2002.
Desain Sportbikenya yang ramping ternyata diterima oleh pasar Asia dengan
sukses. Cocok buat nyelip-nyelip di perkotaan sih!
Pada tahun 2010, Honda CBR150R
akhirnya dibekali dengan sistem pengabutan injeksi Honda yang terkenal yaitu
PGM-FI. Selain itu, desain visualnya pun diubah secara drastis. Mengikuti
desain Honda CBR250R yang keluar lebih awal. Namun, banyak kalangan yang kurang
menerima desain dari CBR150R dan CBR250R era 2010 ini. Desainnya lebih kental
aroma VFR dibanding CBR, meski untuk sektor mesin dan handling, tetap diacungi
jempol!
Nah akhirnya pada tahun 2014, Honda
memutuskan untuk melakukan major refreshment duo CBR ini. CBR250R pun
diluncurkan dengan desain baru yang lebih garang. Tidak hanya itu, sektor mesin
pun dibenahi agar tenaga yang dimuntahkan bisa lebih nendang! Untuk pasaran
Amerika, CBR250R ini dilepas dengan nama CBR300R yang punya kubikasi sedikit
lebih tinggi.
Lalu bagaimana dengan CBR150R?
Setelah penantian selama 4 tahun, CBR150R pun mengalami major refreshment dan
sukses di Launching pada 7 September 2014 kemarin Brosis! Dari sisi desain
memang harus diakui, jauh lebih keren dibanding versi sebelumnya. Mesin 150cc 4
tak DOHC-nya mampu menggelontorkan daya sebesar 17.1HP pada 10.500 RPM!
Mantapnya nih, Honda tidak lupa
filosofi asli dari line-up CBR-Series nya pada keluarga/klan CBR yang
berkubikasi kecil ini. Total Control! Varian Sport-Bike haruslah memiliki
kenyamanan tingkat tinggi, nikmat dikendarai sehari-hari, serta berperforma
tinggi!
Dari test ride pada saat
peluncurannya, banyak pihak yang berkata bahwa sisi handling di CBR150R
terbaru ini benar-benar unggul telak dibandingkan versi sebelumnya!
So, Stop Waiting and Start Winning. CBR150R,
Made of Champion!!!
Sumber : http://www.welovehonda.com